kursor

iNi DiA..!!!!!

iNi DiA..!!!!!
ciiiLuuK baaaa...!!!!

Selasa, 01 Februari 2011

makalah Tidur-Kebiasaan/Perilaku

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Istirahat yang besar membawa pemulihan, dan penambahan kekuatan setelah digunakan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat, dimana selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh terisi diperbaharui lagi. Istirahat tidak hanya mercakup tidur, tetapi juga bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya. Berjalan di udara segar, bermain tenis, menjernihkan pikiran, semuanya dapat menenangkan otot-otot. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada saat ini sangat melelahkan, umat manusia berjuang/berusaha keras untuk bekerja. Kita semua membutuhkan istirahat untuk melawan segala kepenatan.
Tidur adalah status perubahan kesadaran ketika persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun. Tidur dikarakteristikkan dengan aktifitas fisik yang minimal, tingkat kesadaran yang bervariasi,perubahan proses fisiologis tubuh,dan penurunan respons terhadap stimulus eksternal. Hampir sepertiga dari waktu kita,kita gunakan untuk tidur. Hal tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa tidur dapat memulihkan atau mengistirahatkan fisik setelah seharian beraktivitas,mengurangi stress dan kecemasan,serta dapat meningkatkan kemampuan dan konsenterasi saat hendak melakukan aktivitas sehari-hari.

Rata-rata orang dewasa menghabiskan tujuh sampai sembilan jam untuk tidur setiap malam. Saat itulah tubuh melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Racun-racun dibuang dan sel serta jaringan dibangun kembali. Otak juga memproses stress yang dikumpulkan saat tubuh terjaga dan mengurangi efek buruknya terhadap system tubuh. Meskipun riset laboratorium secara luas sudah banyak dilakukan, namun fungsi tidur tetap menjadi sebuah misteri. Satu hal yang pasti, tubuh dan pikiran tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa tidur. Bila kita menjalani tidur yang berkualitas buruk dalam jangka waktu lama, kesehatan fisik dan mental kita akan terganggu. Kekurangan tidur akan langsung menurunkan produktivitas, kemampuan menikmati hidup, dan penampilan kita.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, rumusan masalah dari makalah ini adalah:
1. Apa pengertian dari tidur ?
2. Apa saja kebiasaan tidur yang buruk ?
3. Apa saja kebiasaan yang membuat susah tidur malam ?
4. Bagaimana kebiasaan tidur yang sehat ?
5. Bagaimana cara mendapatkan tidur malam yang baik?

1.3 Tujuan Penulisan Makalah
Dari rumusan masalah di atas tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui:
1. Untuk mengetahui pengertian dari tidur.
2. Utuk mengetahui apa saja kebiasaan tidur yang buruk.
3. Untuk mengetahui apa saja yang membuat susah tidur malam.
4. Untuk mengetahui bagaimana kebiasaan tidur yang sehat.
5. Unuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan tidur malam yang baik.


1.4 Manfaat Penulisan Makalah
Manfaat dari pembuatan makalah ini adalah:
1. Bagi lembaga, dapat menambah referensi perpustakaanSTIKES PEMKAB JOMBANG, khususnya dalam hal pengetahuan tidur – kebiasaan / perilaku.
2. Bagi mahasiswa, hasil penulisan makalah ini dapat berfungsi sebagai pengetahuan yang bisa dijadikan pedoman dalam memahami tentang tidur – kebiasaan / perilaku.
3. Bagi masyarakat, hasil penulisan makalah ini dapat memberi pengetahuan tentang tidur – kebiasaan / perilaku.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian tidur

Tidur adalah status perubahan kesadaran ketika persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun. Tidur dikarakteristikkan dengan aktifitas fisik yang minimal, tingkat kesadaran yang bervariasi,perubahan proses fisiologis tubuh,dan penurunan respons terhadap stimulus eksternal. Hampir sepertiga dari waktu kita,kita gunakan untuk tidur. Hal tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa tidur dapat memulihkan atau mengistirahatkan fisik setelah seharian beraktivitas,mengurangi stress dan kecemasan,serta dapat meningkatkan kemampuan dan konsenterasi saat hendak melakukan aktivitas sehari-hari.
Tidur merupakan kondisi tidak sadar di mana presepsi reaksi individu terhadap lingkungan menurun atau hilang dan dapat di bangukan kembali dengan stimulus dan sensori yang cukup (Guyton 1986) dapat juga di katakan sebagai keadaan tidak sadarkan diri yang relatif, bukan hanya keadaan penuh ketenangan tanpa kegiatan, namun lebih merupakan suatu urutan siklus yang berulang dengan ciri adanya aktivitas yang minim memiliki kesadaran yang bervariasi terdapat perubahan proses fisiologis dan terjadi penurunan respon terhadap rangsangan dari luar.
Dapat di kategorikan sedang tidur jika terdapat tanda-tanda sebagai berikut:
1. Aktivitas fisik minimal
2. Tingkat kesadaran yang bervariasi
3. Terjadi berbagai perubahan fisiologis tubuh
4. Penurunan respon terhadap rangsaan dari luar.
Selama tidur maka dalam tubuh seseorang terjadi perubahan proses
fisiologis,antara lain:
1. Penurunan tekanan darah dan denyut nadi
2. Diatasi pembuluh darah perifer
3. Kadang-kadang terjadi peningkatan aktivitas traktusgastrointestinal.
4. Relaksasi otot-oto rangka
5. Basal metabolisme rate (BMR) menurun 10-30%


2.2 Kebiasaan tidur yang buruk

Ternyata kita memang tidak boleh menyepelekan kebiasaan tidur. Karena dari kebiasaan itu sangat menentukan kesehatan atau bahkan sebagai alarm awal sebagai tanda-tanda kita mengidap suatu penyakit.
Berikut adalah kebiasaan tidur yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari :

A. Tidur dengan lampu menyala.
Ternyata tidur dengan membiarkan lampu dalam keadaan menyala dapat berakibat buruk terhadap kesehatan. Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”. Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur. Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan. Akan tetapi tentu saja tidur dalam keadaan gelap total akan lebih baik.

Hal ini juga berlaku untuk orang dewasa, karena jika anda tidur dalam keadaan lampu masih menyala makan tubuh yg sedang melakukan proses perbaikan atau regenerasi sel yang rusak akan bekerja dengan lambat. Sehingga proses penyembuhan akan berjalan dengan lambat dibandingkan jika anda tidur dalam keadaan gelap

B. Mendengkur
Banyak diantara kita menyepelekan kebiasaan mengorok ini dengan berdalih, kebiasaan di bawah alam sadar dan tidak mau berusaha untuk menghilangkan kebiasaan ini. Tahukah anda, ternyata mengorok ini adalah dikategorikan sebagai penyakit dalam dunia kedokteran.

"Mengorok yang perlu diwaspadai adalah mengorok yang disertai periode henti napas. Dalam dunia medis, hal itu dikenal sebagai obstructive sleep apnea (OSA) dan merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang serius," ujar dr Andreas Prasadja, sleep technologist dari Rumah Sakit (RS) Mitra Kemayoran Jakarta,"Seseorang yang mengalaminya kemudian akan terjaga sejenak dari tidur untuk mengambil napas dengan tersengal-sengal (gasping). Meski terjaga, penderita tidak terbangun dari tidur. "Peristiwa henti napas terjadi berkali-kali tanpa disadari karena saat itu penderita tetap tertidur." lanjutnya.

Hal tersebut disebabkan karena adanya hambatan / sumbatan aliran udara pada saat kita bernafas. Banyak faktor yang menyebabkannya, mulai dari daerah rongga hidung, rongga tenggorokkan, rongga mulut dan rongga kerongkongan / pernafasan. Hambatan pada rongga hidung bisa disebabkan pembengkakan tulang hidung (konka), tulang hidung yang bengkok dan adanya polip hidung.

Sumbatan pada rongga tenggorokkan dan mulut dapat disebabkan adanya pembesaran amandel (adenoid dan tonsil), adanya kelainan pada langit-langit mulut (palatum dan uvula), penebalan dinding belakang tenggorokkan.Hambatan pada rongga kerongkongan / pernafasan dapat disebabkan adanya kelainan pada anak lidah (epiglottis) dan adanya penyempitan di saluran nafas (trakea), kelebihan berat badan (obesitas) dapat juga menyempitkan saluran nafas bagian atas.

Akibat dari mendengkur mengakibatkan kondisi badan biasanya pada pagi hari kurang segar, lekas capek, sakit kepala, rasa mengantuk berlebih di siang hari, menurunnya performa kerja maupun belajar, berkurangnya konsentrasi sehingga sering tabrakan saat mengendarai mobil atau motor dan mengganggu jantung, paru-paru sampai stroke bahkan tidak sedikit mengorok ini bisa menyebabkan si penderita meninggal saat tidur karena tersumbatnya pernafasan (gagal bernapas) tanpa ia sadari ketika tidur.
Cara penanganan:
Pengobatan mendengkur / mengorok ini, disesuaikan dengan penyebabnya, jadi harus diperiksa semua bagian yang dilalui udara pada waktu kita bernafas. Lebih afdolnya, konsultasikan dengan dokter THT atau laboratorium tidur di rumah sakitbagi penderita mengorok yang sudah lumayan parah sehingga mengakibatkan memburuknya bagi kesehatan. Bagi penderita ringan, ada cara-caranya,sebagai berikut :


1. Pengobatan secara tradisional: dua sendok madu asli serta dua ruas kunyit yang sudah diparut. Peras airnya dan minum secara teratur selama seminggu niscaya kebiasaan ngorok berangsur-angsur lenyap
2. mengubah posisi tidurnya,seperti posisi miring kiri atau kanan asal jangan terlentang
3. Mengurangi berat badan, bila mengalami kegemukan
4. Berolahraga secara teratur
5. Menghindari konsumsi alcohol
6. Mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok
7. Menghindari konsumsi obat tidur dan obat penenang
8. Meninggikan kepala tempat tidur
9. Jangan menggunakan bantal yang tebal agar leher tidak menekuk
10. Menggunakan masker khusus yang diberikan oleh dokter THT untuk si penderita. Masker itu berfungsi mengalirkan udara bertekanan sehingga penderita tidak mengalami henti napas.

C. Mengompol
Di sebagian besar anak-anak, mengompol akan berhenti secara otomatis pada saat mereka mencapai usia remaja awal. Akan tetapi tidak sedikit masih ada orang dewasa yang mengalaminya. Ternyata mengompol saat usia remaja atau dewasa bisa jadi penderita mengidap penyakit kandung kemih. Mengompol saat tidur adalah suatu kondisi yang secara medis disebut Enuresis.

Anak-anak berusia remaja atau orang dewasa yang masih saja mengompol saat tidur disebabkan oleh beberapa penyebab; autisme, dan kondisi seperti sindrom Down, keterbelakangan mental, Spasticity dan kondisi khusus lainnya menderita dari kontrol kandung kemih yang tidak memadai. Kadang-kadang ngompol juga disebabkan karena hormon yang berhubungan dengan beberapa kondisi dan penyakit. Jika ada ketidakseimbangan hormon atau anti diuretik yang diproduksi di lebih dari normal, maka mengakibatkan mengompol. Penyebab lainnya untuk mengompol adalah hiperaktif, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), apnea tidur, mimpi buruk dan kebiasaan mengkonsumsi makanan.

Berikut cara menghentikan kebiasaan mengompol saat tidur :
1. Biasanya remaja cenderung memiliki banyak minuman berkafein seperti soda. Kafein dapat menyebabkan mengompol pada semua orang termasuk orang dewasa. Jadi, setiap hal yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan juga soda perlu dikurangi. Jika mereka mengendalikan kebiasaan mereka mengonsumsi soda, mereka dapat berhenti mengompol
2. Mencoba dan menjaga kandung kemih kosong pada malam hari dengan cara tidak mengkonsumsi air minum terlalu banyak pada malam hari dan membiasakan pipis terlebih dahulu sebelum berangkat tidur.
3. Dalam hal cuaca dingin, lalu tidur di baju hangat yang akan membantu untuk membuat Anda tetap hangat dan nyaman karena cuaca dan bahkan dingin menggigil karena dingin dapat menyebabkan mengompol
4. Jika masalah mengompol merupakan masalah kronis, maka dokter dapat memberi resep obat seperti DDVAP atau ditropan yang mencegah tubuh membuat urin yang berlebihan pada satu waktu. Jadi kandung kemih Anda tidak akan menjadi penuh dan Anda bisa dengan nyaman tidur sepanjang malam.

D. Jangan Gunakan iPad-Notebook sebelum Tidur
Peneliti mengingatkan agar tidak menggunakan perangkat yang bercahaya semacam iPad atau laptop menjelang akan tidur. Perilaku itu bisa berdampak pada ritme circadian.
Secara potensial,jika menggunakan iPad atau laptop saat akan tidur, maka cahayanya dapat merangsang otak untuk membuat terbangun dan menunda kemampuan untuk tidur. Kekhawatiran seperti ini bukanlah hal baru. Salah satu peneliti soal tidur mengatakan Thomas Edison menciptakan masalah ini saat ia menemukan bola lampu.

Namun, masalah ini muncul kembali saat popularitas produk Apple, iPad merebak dan banyak pengguna yang menggunakannya saat malam di tempat tidur, di mana otak seharusnya menggambarkan lingkungan sekitarnya gelap.

Tidak seperti buku biasa atau ebook semacam Amazon Kindle, cahaya layar iPad secara langsung ke mata pembaca dari jarak yang relatif dekat.
Inilah yang tampaknya membuat iPad atau laptop lebih menggangu waktu tidur, dibandingkan televisi yang berada di depan tempat tidur ataupun lampu baca di mana keduanya menembakkan sedikit cahaya secara langsung ke mata.



2.3 kebiasaan bikin susah tidur malam
Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan susah tidur malam,di antaranya sebagai berikut :
a. Pake komputer atau nonton TV sebelum tidur
Anda mungkin berpikir itu membantu Anda untuk bersantai, tapi menggunakan komputer membutuhkan kekuatan otak yang lebih, karena memerlukan interaksi, begitu juga dengan nonton TV. Untuk bersantai, Anda mungkin harus cabut semua alat elektronik setiap malam. Kamar tidur bukan ruangan entertainment bukan.

b. Kerja “lembur” sampai tengah malam
Hindari melakukan pekerjaan atau menghitung tagihan kamu pada malam hari, terutama di tempat tidur. Itu butuh konsentrasi yang terlalu banyak dan memiliki potensi untuk menjadi kesal atau frustasi, apalagi kalo banyak tagihan yang tertunda, nggak bakal tidur deh sampe pagi

c. Baca Buku di kamar tidur
Membaca di tempat tidur tidak selalu menjadi masalah, tetapi jika anda sulit untuk tidur, Anda harus berhenti. Bagi beberapa orang, membaca mungkin lebih menyenangkan daripada tidur.

d. Makan makanan pedas dan makan berat
Tubuh kita sangat membutuhkan kesejukan selama tidur, tetapi makan makanan pedas benar-benar meningkatkan temperatur tubuh Anda. Dan jika makanan pedas memberikan mulas, wah hal itu bisa membangunkan Anda di tengah malam untuk pergi buang air besar. Makanan berat adalah pembunuh tidur juga, karena mereka sulit untuk dicerna dan bisa bikin Anda obesitas!

e. Minum alkohol setelah makan malam
Alkohol memang bisa bertindak sebagai obat penenang dan akan membuat Anda tertidur jika alasannya cuaca dingin. Tapi jika Anda seorang peminum berat, efek buruknya anda mungkin akan tidur terlalu lama dan tidak akan nyenyak dan nyaman.

f. Pola tidur yang tidak teratur
Jadwal tidur Anda yang selalu berubah-rubah, akan membuat ritme tidur tubuh Anda terganggu, hal ini penting jika anda ingin bangun secara teratur.

2.4 Kebiasaan tidur yang sehat
Tak semua orang bisa tidur cukup. Akibatnya, mereka mengantuk dan tak bisa berprestasi maksimal di tempat kerja atau sekolah keesokan paginya.
Berikut ini sejumlah kebiasaan sehat yang bisa mendorong kebiasaan tidur sehat:

1. Ciptakan lingkungan yang kondusif
Singkirkan benda-benda seperti radio dan televisi dari kamar tidur. Kamar adalah tempat untuk tidur, bukan menonton televisi. Orang akan mudah tertidur ketika ruangan lebih dingin dibandingkan hangat. Karena itu, ciptakan ruangan yang sejuk.

Matikan lampu, karena otak lebih mudah mempersiapkan tubuh untuk tidur di ruangan gelap. Pastikan seprei selalu bersih. Bantal, guling, dan kasur juga harus nyaman agar kita bisa tidur nyenyak.

2. Atur waktu tidur dan bangun yang konsisten
Setiap orang punya jam biologis yang mencatat dan melacak pola tidur. Ketika tubuh punya pola tidur teratur, otak secara otomatis akan mengirim sinyal ke tubuh untuk rileks dan pergi tidur. Tubuh pun secara otomatis akan bangun ketika sudah cukup mendapatkan istirahat.

3. Jauhi obat tidur
Jauhi kafein dan nikotin di malam hari karena dapat mengganggu istirahat. Kafein adalah stimulan yang mengaktifkan otak, sedangkan nikotin mempercepat metabolisme, sehingga tubuh Anda tetap energik. Pilihlah susu atau cokelat hangat sebelum pergi tidur.


4. Olahraga teratur
Hindari olahraga berat dekat dengan waktu tidur karena peningkatan temperatur tubuh akan membuat Anda terus terjaga. Idealnya, olahraga dilakukan 4-6 jam sebelum pergi tidur. Supaya tetap sehat dan tidur nyenyak, gerakkan tubuh 20 menit sehari.

5. Turunkan suhu tubuh
Orang cenderung cepat jatuh tertidur ketika suhu tubuhnya menurun. Jadi, sebenarnya mandi air panas sebelum tidur justru tidak mempercepat tidur.

6. Jangan paksa diri untuk tidur.
Jika tak bisa tidur, coba keluar dari kamar dan lakukan sesuatu yang lama-kelamaan membuat Anda mengantuk. Contohnya menonton televisi, membaca, atau mendengarkan musik yang lembut. Segera kembali ke kamar ketika kantuk mulai menyerang.

7. Hindari tidur siang.
Tidur siang dapat mengganggu pola tidur Anda. Tidur siang menjamin Anda mendapatkan cukup istirahat hari itu, sehingga malam Anda jadi terjaga.



2.5 untuk mendapatkan tidur yang baik setiap malam
strategi tidur yang baik penting untuk dalam, tidur restoratif dapat mengandalkan, malam demi malam.
Langkah pertama untuk meningkatkan kualitas istirahat adalah mencari tahu berapa banyak tidur yang butuhkan Sedangkan persyaratan tidur sedikit berbeda dari orang ke orang, kebanyakan orang dewasa yang sehat membutuhkan setidaknya 8 jam tidur setiap malam berfungsi terbaik mereka.
Berikut adalah cara bagaimana mendapatkan tidur yang baik setiap malam :

Jauhkan jadwal tidur yang teratur
Mendapatkan kembali sinkron dengan siklus alam tidur-bangun tubuh Anda-Anda sirkadian ritme-adalah salah satu strategi yang paling penting untuk mencapai tidur yang baik. Jika Anda terus jadwal tidur yang teratur, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, Anda akan merasa jauh lebih segar dan bersemangat daripada jika Anda tidur dengan jumlah yang sama jam pada waktu yang berbeda. Hal ini berlaku bahkan jika Anda mengubah jadwal tidur Anda dengan hanya satu atau dua jam.
Tetapkan waktu tidur yang teratur.
Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam.. Pilih waktu ketika Anda biasanya merasa lelah, sehingga anda tidak membuang dan berbalik. Cobalah untuk tidak mematahkan rutinitas di akhir pekan ketika Anda mungkin tergoda untuk tinggal sampai larut malam. Jika Anda ingin mengubah waktu tidur Anda, membantu tubuh Anda menyesuaikan dengan membuat perubahan secara bertahap setiap hari kecil, seperti 15 menit sebelumnya atau lambat setiap hari.
Bangun pada waktu yang sama setiap hari.
Jika Anda cukup tidur, Anda harus bangun alami tanpa alarm. Jika Anda memerlukan jam weker untuk bangun tepat waktu, Anda mungkin perlu mengatur tidur sebelumnya Seperti tidur Anda, cobalah untuk menjaga membangunkan biasa waktu bahkan pada akhir pekan.
Nap untuk menebus tidur yang hilang.
Jika Anda perlu membuat up untuk beberapa jam hilang, memilih untuk tidur siang daripada tidur terlambatStrategi ini memungkinkan Anda untuk melunasi hutang tidur Anda tanpa mengganggu ritme alami Anda tidur-bangun, yang sering menjadi bumerang dalam insomnia dan melemparkan untuk hari.
Jadilah pintar tentang tidur.
Sementara tidur siang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua, dapat membuat insomnia lebih buruk. Jika insomnia adalah masalah bagi Anda, pertimbangkan menghilangkan tidur siangJika Anda harus tidur siang, melakukannya di sore hari, dan membatasi untuk tiga puluh menit.
Setelah makan malam melawan kantuk.
Jika Anda menemukan diri Anda mendapatkan apa yang Anda mengantuk sebelum tidur, mendapatkan dari sofa dan melakukan sesuatu yang agak merangsang untuk mencegah jangan sampai tertidur, seperti mencuci piring, panggilan teman, atau mendapatkan pakaian siap untuk selanjutnya hari Jika Anda menyerah pada kantuk, Anda dapat membangunkan nanti di malam hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali.
Menemukan jadwal tidur yang optimal Anda
Cari periode waktu (satu atau dua minggu harus dilakukan) ketika Anda bebas untuk bereksperimen dengan tidur yang berbeda dan waktu bangun. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan biarkan diri untuk tidur sampai Anda bangun alamiTidak ada jam alarm! Jika Anda kurang tidur, mungkin memakan waktu beberapa minggu untuk sepenuhnya pulih. Tapi seperti Anda pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama, Anda akhirnya akan mendarat di jadwal tidur alami yang bekerja terbaik bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar