kursor

iNi DiA..!!!!!

iNi DiA..!!!!!
ciiiLuuK baaaa...!!!!

Selasa, 22 Februari 2011

anatomi fisiologi sistem kardiovaskuler

Di dalam tubuh manusia, setiap saat terjadi proses metabolisme. Proses metabolisme ini terbagi menjadi banyak sistem. Salah satunya adalah sistem kardiovaskuler. Apakah sistem kardiovaskuler itu? dan bagaimana pula anatomi fisiologi sistem kardiovaskuler itu? Berikut Uraiannya.
Sistem kardiovaskuler sering disebut sebagai sistem transportasi tubuh atau sistem peredaran darah. Sistem ini memiliki tiga komponen utama, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah itu sendiri.
Jantung
Jantung merupakan organ tubuh yang paling berperan di dalam sistem kardiovaskuler. Fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Lokasi jantung sendiri berada di dekat paru-paru. Tepatnya di bagian kiri tengah dada.
Jantung sebenarnya adalah sebuah organ yang terdiri atas otot. Otot jantung berbeda dengan otot-otot lain di bagian tubuh lainnya. Itu sebabnya, otot di jantung disebut sebagai otot jantung.
Ukuran jantung adalah sebesar kepalan tangan dengan bentuk yang menyerupai kerucut. Jantung manusia dewasa mempunyai panjang 12 cm, lebar 9 cm dengan ketebalan sekitar 6 cm. Jantung mempunyai 2 sisi, yaitu sisi kanan dan sisi kiri.
Di dalam jantung terdapat 4 ruangan, yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan, dan ventrikel kiri. Atrium letaknya berada di bagian atas jantung sedangkan ventrikel berada di bagian bawah jantung.
Atrium kiri berfungsi sebagai tempat penerima darah segar dari paru-paru. Sedangkan atrium kanan berfungsi sebagai tempat penerima darah tidak segar dari seluruh tubuh.
Adapun ventrikel kiri merupakan tempat yang pemompa darah ke seleuruh tubuh dan ventrikel kanan merupakan tempat yang memompa darah ke paru-paru.Ada perbedaan struktur antara atrium dan ventrikel.
Di sini, ventrikel ototnya lebih tebal dan kuat. Hal ini tentu saja untuk mengakomodasi ventrikel untuk tidak mudah rusak saat memompa darah.Di antara ruang jantung terdapat lubang yang dihalangi oleh katup. Katup ini merupakan lapisan fibrosa.
Katup antara atrium dan ventrikel (kanan ataupun kiri) disebut sebagai katup atrioventrikular kiri, atau katup trikuspidalis. Adapun katup antara ventrikel dan arteri besar disebut sebagai katup semilunaris.
Pembuluh Darah
Pembuluh darah merupakan tempat mengalirnya atau dialirkannya darah dari dan ke jantung dan ke seluruh tubuh. Bentuk pembuluh darah adalah tabung. Pembuluh darah terdiri atas vena dan arteri.
Vena merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Adapun arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.
Selain arteri dan vena, di dalam tubuh juga terdapat pembuluh darah halus yang disebut sebagai pembuluh darah kapiler. Pembuluh darah ini menghubungkan dari jaringan tubuh yang satu ke jaringan tubuh yang lain.
Aorta merupakan sebutan bagi arteri terbesar yang ada di dalam tubuh kita. Ventrikel kiri memompa darah ke aorta dan kemudian membawanya ke seluruh tubuh melalui arteri yang lebih kecil.
Sistem Kardiovaskuler
Di dalam sistem kardiovaskuler, jantung merupakan organ pemompa darah. Adapun pembuluh darah merupakan tempat mengalirnya darah. Dan darah sendiri merupakan cairan pembawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Tak hanya itu, darah juga membawa sisa-sisa metabolisme untuk dibuang ke luar tubuh. Fungsi utama dari sistem kardiovaskular adalah mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Hal ini tentu saja untuk keberlangsungan hidup manusia itu sendiri.
Vena membawa darah dari tubuh kembali ke jantung. Darah di pembuluh darah ini rendah oksigen (karena sudah digunakan untuk metabolisme tubuh) dan tinggi karbon dioksida (yang merupakan hasil metabolisme tubuh).
Semua darah di vena akan mengalir ke vena cava superior dan inferior yang kemudian mengalir ke atrium kanan. Atrium kanan lalu memompa darah ke dalam ventrikel kanan. Kemudian, ventrikel kanan memompa darah ke paru-paru, melalui arteri paru-paru.
Di dalam paru-paru, darah akan mengeluarkan karbondioksida dan uap air yang kemudian akan mengikat oksigen dari paru-paru. Darah yang mengikat banyak oksigen akan mengalir ke atrium kiri dan kemudian dipompa ke dalam ventrikel kiri. Dari ventrikel kiri darah masuk ke dalam aorta yang kemudian mendistribusikannya ke seluruh tubuh melalui arteri.
Siklus Kardiovaskuler
Siklus kardiovaskuler adalah suatu urutan peristiwa perputaran darah dari dan ke dalam jantung dalam sekali putaran lengkap. Fase awal pemompaan darah kita kenal sebagai sistol. Pada fase ini, otot jantung melakukan kontraksi.
Adapun fase jantung mengisi darah (darah masuk jantung) disebut sebagai diastol. Pada fase ini, otot jantung melakukan relaksasi. Urutan siklus kardiovaskuler adalah sistol atrium (darah masuk ke dalam ventrikel kiri dan kanan), lalu sistol ventrikel (darah mengisi aorta dan paru), lalu diastole ventrikel dan diastole atrium.
Komponen Denyut Jantung
Saat istirahat, jantung manusia dewasa berdenyut sekitar 70 hingga 80 kali per menit. Denyut jantung ini bisa didengar melalui stetoskop. Jika ada masalah dengan katup jantung, maka denyut jantung tidak akan normal. Abnormalitas dari denyut jantung seperti ini disebut sebagai murmur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar